Sri Saktiani

Pemerhati, praktisi, konsultan pendidikan. Penggerak Batita Suka Baca, Penggagas Menulis Sejak BATITA (2004), Pendiri YAYASAN PERMATAHATI IBU(2004), PAUD GRATIS...

Selengkapnya
Navigasi Web
 Berbagi Ilmu Kupat

Berbagi Ilmu Kupat

Hari Ahad kemarin menjadi hari keenam Farah puasa Syawal.Meski tengah puasa tidak membuatnya mager(malas gerak) bermalas malasan. Tugas rutin mendampingi Mbah Putrinya yang usianya sudah lebih dari 80 tahun tetap dijalankan dengan semangat.Sesudah membereskan peralatan makan, siang Mbah Putrinya Farah pun mempersilakan beliau mencari posisi nyaman untuk memijati kakinya.

Mama Yuni bundanya Farah sedang asyik menyelesaikan masakan kupat dan segala lauk khas yang mengiringinya.Aroma harum masakan dari dapur tercium hingga kamar Mbah Putri.Meski keroncongan dari perut Farah makin keras suaranya,niat kuat Farah menuntaskan puasa syawal hari keenam tetap kuat.Salah satu yang membuat Mbah Putri sangat sayang,meski masih kecil,Farah rajin puasa sunnah.

"Kenapa sih Mbah Putri kok masak kupat tiap kali kita sudah puasa sunnah 6 hari dibulan syawal?" tanya Farah."Kan tidak dicontohkan Nabi" lanjutnya bertanya sambil tetap sibuk memijat kaki Mbah Putri yang diselonjorkan di kursi panjang.

"Kupat itu cara wali kita sejak jaman dulu menyampaikan lmu. Mereka menggunakan adat berbagi kupat,tasyakuran sebagai cara mengenalkan ajaran Islam Nduk Farah" jawab Nenek. Mulai dari kata kupat,bentuk anyaman,isi kupat smua merupakan disisipi pesan agama Islam.Nanti waktu buka puasa,ingatkan Mbah Putri menceritakan ya,skarang ayo temani tidur siang sambil menunggu waktu berbuka tiba" panjang lebar bliau menjelaskan. "Baik Mbah Putri,janji ya" jawab Farah dengan senang hati

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

filosofi yg keren

05 Jun
Balas

Mantul bunda...sy jg mengulasnya pas lbran ketupat lalu...ibu bs buka akun saya...

05 Jun
Balas

Bagus. Semoga sehat dan sukses selalu

05 Jun
Balas

Hmm.. ada makna tersirat rupanya dibali ketupat... Terima kasih bu sudah berbagi

05 Jun
Balas

Wah keren ya karyanya,terus berkarya bu,jngan lupa follow akun saya,salam literasi

05 Jun
Balas



search

New Post